News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Guna Kepentingan Bersama, PT. BSEE Membantu Perbaiki Jembatan Desa Jeramba Besi.

Guna Kepentingan Bersama, PT. BSEE Membantu Perbaiki Jembatan Desa Jeramba Besi.


PALI - Matametro.id.  Anggapan kurang baik terhadap aktivitas angkutan batu bara di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir melaksanakan (PALI) provinsi Sumatera Selatan yang diizinkan pemerintah melintas kembali di jalan umum, rupanya tak seseram apa yang dibayangkan. 

Pasalnya, ada sisi positif dibalik beroperasinya kembali angkutan batu bara melintas di jalan umum.

Salah satu contoh, jembatan yang ada di Jerambah Besi Desa Karta Dewa kecamatan Talang Ubi yang sejak angkutan batu bara melintas di jalan umum selalu dirawat rutin oleh perusahaan batu bara dalam hal ini PT BSEE. 

Pantauan awak media, telah puluhan kali PT BSEE memperbaiki jembatan yang menjadi rute angkutan batu bara melintas. 

Dan dari penuturan sejumlah warga setempat bahwa selama jembatan terbuat dari pipa dibangun tahun 2012 lalu oleh Pertamina,  baru kali ini mendapat perhatian khusus dari perusahaan. 

"Sebelumnya, kalau besi lantai jembatan lepas atau hilang, lama diperbaiki. Kalau pun diperbaiki, harus melalui proposal, itu pun kalau ada angkutan berat milik salah satu perusahaan hendak melintas di jalur ini," ungkap Tomi, salah satu warga setempat, hari ini 23 Juli 2022.

Ditambahkan Tomi bahwa hari ini saja, pekerja dari PT BSEE memperbaiki jembatan, bahkan menambah plat besi agar jembatan awet serta pengguna jalan nyaman. 

"Padahal jembatan ini masih kokoh. Tetapi karena mungkin besi pipa yang menjadi lantai jembatan sering lepas, pihak perusahaan berinisiatif memberikan plat besi diatas pipa lantai," tambah Tomi yang terlihat turut membantu pekerja mengatur lalu lintas di jalur tersebut. 

Sama halnya disampaikan Hendri, Kepala Dusun IX Karta Dewa yang mengapresiasi kesigapan Pihak PT BSEE yang tanpa diminta rutin melakukan perbaikan jembatan. 

Kadus IX menilai dari sisi debu memang sangat mengganggu, tetapi pihak perusahaan sudah melakukan penyiraman setiap hari. 

"Upaya penyiraman cukup meminimalisir debu yang keluar dari dampak angkutan batu bara. Dari sisi kepedulian, kami nilai PT BSEE cepat lakukan perbaikan pada jembatan di desa kami sebelum ada yang meminta," ucap Kadus. 

Bukan hanya perbaikan jalan, dikatakan Kadus IX bahwa PT BSEE juga kerap menimbun jalan yang alami kerusakan dengan batu yang telah dicampur semen. 

"Seperti di pangkal dusun, sudah beberapa kali perusahaan itu menimbun jalan, dan beberapa hari lalu kami dapat informasi pihak perusahaan akan melakukan penyiraman aspal di lokasi jalan yang rusak," ujarnya. 

Dari sisi lain, dikemukakan Kadus IX, dengan adanya angkutan batubara melintas di jalan umum, pengangguran berkurang.

Dicontohkan Kadus ada beberapa orang yang mempunyai keahlian mengemudi bisa bekerjalah sebagai sopir. Ada lagi setiap ada pekerjaan perbaikan jalan atau jembatan melibatkan warga setempat.

"Juga yang mengatur arus lalulintas saat malam, itu direkrut dari warga disini. Artinya angkutan batu bara melintas di jalan melewati dusun kami ada manfaatnya," tambahnya. 

Belum lagi adanya program CSR, Kadus IX akui meski baru puluhan warga menerima bantuan, tetapi setidaknya sudah meringankan beban masyarakat kurang mampu diatas tingginya harga kebutuhan pokok saat ini. 

"Perusahaan telah memberikan bantuan Sembako belum lama ini. Tentu ini sangat membantu masyarakat. Kedepan, harapan kami program seperti ini ditambah dan berkelanjutan agar seluruh masyarakat kategori kurang mampu mendapat bantuan secara merata," harapnya. 

Terpisah, Napoleon, perwakilan PT BSEE menyatakan bahwa perbaikan jembatan di Jerambah Besi sudah menjadi kewajiban pihak perusahaan. Tutupnya (red).





Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar